Sunday, August 7, 2011

Ali ra berkata bahwa Abu bakar ra sahabat yang paling utama dan setelahnya Umar ra

Keutamaan Abu Bakr dan ‘Umar adalah satu hal yang tidak perlu disangsikan lagi. Tidak ada yang mengingkarinya kecuali ia adalah seorang yang buta riwayat dan sejarah. Banyak riwayat, baik berasal dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam atau para shahabat lain yang memuat pujian bagi mereka berdua. Begitu juga sejarah telah menggoreskan tinta emasnya bagaimana Islam menjadi jaya dan tersebar melalui perantaraan keduanya.
Artikel kali ini akan sedikit membahas tentang keutamaan Abu Bakr dan ‘Umar, khususnya yang diucapkan oleh saudaranya seiman yang mulia : ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhum.

Pertama
Al-Imam Ibnu Abi ‘Aashim dalam As-Sunnah (no. 993) berkata :
حدثنا أبو علي الحسن بن البزار حدثنا الهيثم بن خارجة ثنا شهاب بن خراش عن حجاج بن دينار عن أبي معشر عن إبراهيم عن علقمة قال سمعت عليا على المنبر فضرب بيده على منبر الكوفة يقول بلغني أن قوما يفضلوني على أبي بكر وعمر ولو كنت تقدمت في ذلك لعاقبت فيه ولكني أكره العقوبة قبل التقدمة من قال شيئا من هذا فهو مفتر عليه ما على المفتري أن خير الناس رسول الله صلى الله عليه وسلم وبعد رسول الله صلى الله عليه وسلم أبو بكر ثم عمر
Telah menceritakan kepada kami Abu ‘Aliy Al-Hasan bin Al-Bazzaar : Telah menceritakan kepada kami Al-Haitsam bin Khaarijah : Telah menceritakan kepada kami Syihaab bin Khiraasy, dari Hajjaaj bin Diinaar, dari Abu Mi’syar, dari Ibraahiim, dari ‘Alqamah, ia berkata : Aku mendengar ‘Aliy di atas mimbar, lalu ia memukul mimbar Kuufah dengan tangannya seraya berkata : Telah sampai kepadaku ada satu kaum yang mengutamakan diriku di atas Abu Bakr dan ‘Umar. Seandainya saja aku dapati hal itu sebelumnya, niscaya aku berikan/tetapkan hukuman padanya. Akan tetapi aku tidak suka ada satu hukuman sebelum permasalahan ada. Barangsiapa yang mengatakan sesuatu dari hal tersebut, maka ia telah dusta. Baginya diberikan hukuman sebagai seorang pendusta. Bahwasannya sebaik-baik manusia adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Dan (sebaik-baik manusia) setelah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam adalah Abu Bakr, kemudian ‘Umar…..”.
Sanad riwayat ini adalah hasan. Berikut penjelasan tentang perawinya :
1. Abu ‘Aliy Al-Hasan bin Al-Bazzaar; ia adalah Al-Hasan bin Ash-Shabbaah bin Muhammad Al-Bazzaar, Abu ‘Aliy Al-Waasithiy Al-Baghdadiy. Ahmad berkata : “Tsiqah shaahibus-sunnah”. Abu Haatim berkata : “Shaduuq”. Abu Quraisy Muhammad bin Jum’ah Al-Haafidh berkata : “Salah satu diantara orang-orang yang shaalih”. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak kuat” – di lain tempat ia berkata : “Orang Baghdad yang shaalih”. Ibnu Hibbaan menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat. Wafat pada tahun 249 H [Taariikh Baghdad 8/299-301 no. 3798, Tahdziibul-Kamaal 6/191-195 no. 1239, Al-Kaasyif, 1/326 no. 1038, dan At-Tahriir 1/274-275 no. 1251]. Kesimpulannya, ia seorang yang shaduuq.
2. Al-Haitsam bin Khaarijah; ia adalah Al-Khurasaaniy, Abu Ahmad atau Abu Yahyaa Al-Marwadziy. Dipakai Al-Bukhaariy dalam Shahih-nya. Hisyaam bin ‘Ammaar menjulukinya ‘Syu’bah kecil’ (sedangkan Syu’bah adalah seorang perawi tsiqah). Ahmad telah mentsiqahkannya. Ibnu Ma’iin berkata : “Tsiqah”. Abu Haatim berkata : “Shaduuq”. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak mengapa dengannya (laisa bihi ba’s)”. Ibnu Hibbaan menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat. Ditsiqahkan pula oleh Ibnu Qaani’ dan Al-Khaliiliy. Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq”. Adz-Dzahabiy berkata : “Al-Haafidh, dan ia dijuluki Syu’bah kecil”. Wafat pada tahun 227 H [lihat : Tahdziibul-Kamaal 30/374-378 no. 6645, Tahdzibut-Tahdziib 11/93-94 no. 156, Al-Jarh wat-Ta’diil 9/86 no. 352, Al-Kaasyif 2/344 no. 6017, dan At-Tahriir 4/51 no. 7364]. Kesimpulannya, ia seorang yang tsiqah.
3. Syihaab bin Khiraasy; ia adalah Ibnu Hausyab bin Yaziid bin Al-Haarits, Abush-Shalt Al-Waasithiy – telah di-tsiqah-kan jumhur ahli hadits. ‘Abdullah bin Al-Mubaarak berkata : “Tsiqah”. Hal yang sama dikatakan juga oleh Muhammad bin ‘Abdillah bin ‘Ammaar Al-Maushiliy dan Abul-Hasan ‘Aliy bin Muhammad Al-Madaainiy. Ahmad berkata : “Tidak mengapa dengannya (laa ba’sa bih)”. Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Tidak mengapa dengannya (laisa bihi ba’s)”. Dan dalam riwayat lain ia berkata : “Tsiqah”. An-Nasaa’iy berkata : “Tidak mengapa dengannya”. Al-‘Ijliy dan Abu Zur’ah berkata : “Orang Kuffah yang tsiqah shaahibus-sunnah”. Di lain riwayat Abu Zur’ah berkata : “Tidak mengapa dengannya (laa ba’sa bih)”. Abu Haatim berkata : “Shaduuq, tidak mengapa dengannya”. Ibnu ‘Adiy berkata : “Ia punya hadits yang tidak banyak. Dalam sebagian riwayatnya tidak diingkari dan aku tidak mengetahui para ulama mutaqaddimiin membicarakannya”. ‘Aliy bin Al-Madiiniy telah men-tsiqah-kannya. Ibnu Syaahin dan Ibnu Khalfuun memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat. Ibnu Hibbaan berkata : “Ia seorang laki-laki yang shaalih, namun banyak salahnya hingga tidak boleh berhujjah dengannya kecuali untuk i’tibar”. Muslim menyebutkannya dalam bagian muqaddimah Shahih-nya [selengkapnya lihat : Al-Jarh wat-Ta’diil 4/362 no. 1586, Al-Majruuhiin 1/459-460 no. 472, Tahdziibul-Kamaal 12/568-572 no. 2776, Tahdziibut-Tahdziib 4/366-367 no. 630, dan Al-Kaasyif, 1/490 no. 2311]. Kesimpulannya, ia seorang yang tsiqah.
Catatan : Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq, kadang melakukan kekeliruan”. Ini keliru. Kemungkinan ia menyandarkan penilaiannya tersebut pada Ibnu Hibbaan, sedangkan ia menyendiri dalam jarh terhadap Syihaab [At-Taqriib – bersama At-Tahrir 2/121 no. 2825].
4. Hajjaaj bin Diinaar;ia adalah Al-Asyja’iy As-Sulamiy. ‘Abdullah bin Al-Mubaarak berkata : “Tsiqah”. Ahmad berkata : “Tidak mengapa dengannya (laisa bihi ba’s)”. Ibnu Ma’iin berkata : “Tidak mengapa dengannya (laisa bihi ba’s)”. Dalam riwayat lain ia berkata : “Tsiqah”. Abu Khaitsamah Zuhair bin Harb, Ya’quub bin Syaibah, dan Al-‘Ijliy berkata : “Tsiqah”. Abu Zur’ah berkata : “Shaalih, shaduuq, mustaqiimul-hadiits, laa ba’sa bih”. Abu Haatim berkata : “Ditulis haditsnya, namun tidak boleh berhujjah dengannya”. Dalam riwayat lain ia berkata : “Tidak kuat (laisa bil-qawiy)”. Al-Bukhaariy berkata : “Muqaaribul-hadiits”. At-Tirmidziy berkata : “Tsiqah, muqaaribul-hadiits”. Muslim menyebutkan dalam muqaddimah Shahih-nya. Ad-Daaruquthniy berkata : “Tidak kuat”. Ibnu Khuzaimah berkata : “Dalam hatiku ada sesuatu tentang (riwayat)-nya”. Abu Dawud dan Ibnu ‘Ammaar berkata : “Tsiqah”. Begitu pula yang dikatakan oleh Ibnul-Madiiniy. ‘Abdah bin Sulaimaan berkata : “Tsabt”. Ibnu Hibbaan menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat. Adz-Dzahabiy berkata : “Shaduuq”. Ibnu Hajar berkata : “Tidak mengapa dengannya” [lihat : Al-Jarh wat-Ta’diil 3/159-160 no. 681, Tahdziibul-Kamaal 5/435- no. 1118, Tahdziibut-Tahdziib 2/200-201 no. 371, Al-Kaasyif, 1/312 no. 933, At-Tahriir 1/252 no. 1125, dan Al-Jaami’ fil-Jarh wat-Ta’diil 1/153 no. 794]. Kesimpulannya, ia seorang yang shaduuq hasanul-hadiits – tidak kurang dari itu.
5. Abu Mi’syar; ia adalah Ziyaad bin Kulaib At-Tamiimiy Al-Handhaliy, Abu Mi’syar Al-Kuufiy, perawi yang dipakai Muslim dalam Shahih-nya. Al-‘Ijliy berkata : “Tsiqah”. Abu Haatim berkata : “Shaalih, … tidak kokoh dalam hapalannya, dan ia lebih aku senangi daripada Hammaad bin Abi Sulaimaan”. An-Nasaa’iy berkata : “Tsiqah”. Ibnul-Madiiniy dan Abu Ja’far As-Sabtiy berkata : “Tsiqah”. Wafat pada tahun 110 H. Adz-Dzahabiy berkata : “Haafidh mutqin”. Ibnu Hajar berkata : “Tsiqah” [lihat : Tahdziibul-Kamaal 9/504-506 no. 2065, Tahdziibut-Tahdziib 3/382 no. 698, Al-Kaasyif 1/412 no. 1705, At-Tahriir 1/428 no. 2096, dan Al-Jaami’ fil-Jarh wat-Ta’diil 1/269 no. 1360]. Kesimpulannya, ia seorang yang tsiqah.[1]
6. Ibraahiim, ia adalah An-Nakha’iy, seorang yang telah dikenal ke-tsiqah-annya.
7. ‘Alqamah bin Qais; ia adalah Ibnu ‘Abdillah bin Maalik bin ‘Alqamah An-Nakha’iy, perawi yang dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. Ahmad berkata : “Tsiqah, termasuk orang yang baik (ahlul-khair)”. Ibnu Ma’in berkata : “Tsiqah”. ‘Utsmaan bin Sa’iid berkata : “Tsiqah”. Meninggal tahun 61/62 H. Ibnu Hajar berkata : “Tsiqah tsabat” [selengkapnya lihat : Tahdziibul-Kamaal 20/300-308 no. 4017, At-Tahriir 3/34 no. 4681, dan Al-Jaami’ fil-Jarh wat-Ta’diil 2/220-221 no. 2978]. Kesimpulannya, ia seorang yang tsiqah.
Ada beberapa jalan lain yang dla’if yang menguatkan riwayat ini sehingga sebagian ulama mengatakan riwayat ini secara keseluruhan adalah shahih.[2]
Sisi Pendalilan :
‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu mengakui keutamaan Abu Bakr dan ‘Umar atas dirinya, yang ia sampaikan di atas mimbar. Ia menampakkan kemarahannya (dengan menggebrak mimbar) saat mendengar ada kaum yang mengutamakan dirinya di atas Abu Bakr dan ‘Umar radliyallaahu ‘anhum. Bahkan mengecap dan akan menghukumnya dengan hukuman seorang pendusta.
Jika orang-orang Syi’ah mengklaim ‘Aliy bin Abi Thaalib lebih utama daripada Abu Bakr dan ‘Umar, maka berdasarkan perkataan ‘Aliy radliyallaahu ‘anhum di atas, sangat boleh kita menyebut mereka sebagai pendusta. Dan memang seperti itulah keadaan mereka, sebagaimana dikatakan oleh Asy-Syaafi’iy rahimahullah :
ما رأيت في أهل الأهواء قوما أشهد بالزور من الرافضة
“Aku tidak pernah melihat satu kaum dari pengikut hawa nafsu yang aku saksikan kedustaannya daripada Rafidlah” [Syarh Ushuulil-I’tiqaad Ahlis-Sunnah wal-Jama’ah 8/1457 dan Siyaru A’laamin-Nubalaa’ 10/89, dari Ar-Rabii’. Dibawakan pula oleh Harmalah lafadh yang semisal dalam Aadaabusy-Syaafi’iy hal. 187, Al-Manaaqib lil-Baihaqiy 1/468, dan As-Sunan Al-Kubraa lil-Baihaqiy 10/208].
Catatan : Dalam referensi Syi'ah pun disebutkan riwayat perkataan 'Aliy ini, yaitu dalam Rijaalul-Kasysyiy, biografi no. 257; Mu’jamul-Khuu’iy 8/153, 326; dan Al-Fushuul-Mukhtar hal. 127.
Kedua
Dalam kitab Fadlaailush-Shahaabah (no. 399) disebutkan :
حدثنا عبد الله قال حدثني عبيد الله بن عمر القواريري ومحمد بن سليمان لوين قالا نا حماد بن زيد وهذا لفظ القواريري قثنا عاصم عن زر عن أبي جحيفة قال خطبنا علي يوما فقال ألا أخبركم بخير هذه الأمة بعد نبيها أبو بكر ثم قال ألا أخبركم بخير هذه الأمة بعد نبيها وبعد أبي بكر عمر
Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku ‘Ubaidullah bin ‘Umar Al-Qawaariiriy dan Muhammad bin Sulaimaan Luwain, mereka berdua berkata : Telah mengkhabarkan kepada kami Hammaad bin Zaid – dan ini adalah lafadh Al-Qawaariiriy - , ia berkata : Telah menceritakan kepada kami ‘Aashim, dari Zirr, dari Abu Juhaifah, ia berkata : Pada suatu hari ‘Aliy berkhutbah kepada kami, lalu ia berkata : “Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang orang yang paling baik dari umat ini setelah Nabinya shallallaahu ‘alaihi wa sallam ? (yaitu) Abu Bakr”. Kemudian ia berkata lagi : “Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang orang yang paling baik dari umat ini setelah Nabinya shallallahu ‘alaihi wa sallam dan setelah Abu Bakr ? (yaitu) ‘Umar”.
Sanad riwayat ini hasan. Berikut keterangan para perawinya :
1. ‘Abdullah; ia adalah Ibnu Ahmad bin Hanbal, seorang yang tidak diragukan ketsiqahannya.
2. ‘Ubaidullah bin ‘Umar Al-Qawaariiriy, perawi yang dipakai oleh Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. Ahmad bin Hanbal mencatat haditsnya. Ibnu Ma’iin berkata : “Tsiqah”. Begitu pula yang dikatakan oleh Al-‘Ijliy, An-Nasaa’iy, dan Shaalih bin Muhammad Al-Asadiy. Muhammad bin Sa’iid berkata : “Tsiqah, mempunyai banyak hadits”. Abu Haatim berkata : “Shaduuq”. Maslamah bin Qaasim berkata : “Tsiqah”. Adz-Dzahabiy berkata : “Al-Haafidh”. Ibnu Hajar berkata : “Tsiqah tsabat”. Meninggal tahun 235 H. [lihat Tahdziibul-Kamaal 19/130-136 no. 3669, Tahdziibut-Tahdziib 7/40-41 no. 72, Al-Kaasyif 1/685 no. 3577, dan At-Tahriir 2/412 no. 4325]. Kesimpulannya, ia seorang yang tsiqah.
3. Hammaad bin Zaid; ia adalah Ibnu Dirham Al-Azdiy Al-Jahdlamiy Abu Ismaa’iil Al-Bashriy, perawi yang dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. ‘Abdurrahmaan bin Mahdiy berkata : “Imam di jamannya (di bidang hadits)”. Wakii’ berkata : “Hammaad bin Zaid lebih hapal dibandingkan Hammaad bin Salamah”. Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Hammaad bin Zaid lebih tsabt dibandingkan ‘Abdul-Waarits, Ibnu ‘Ulayyah, ‘Abdul-Wahhaab Ats-Tsaqafiy, dan Ibnu ‘Uyainah”. Ia juga berkata : “Tidak ada seorang pun yang lebih tsabt dalam riwayat Ayyuub dibandingkan Hammaad bin Zaid”. Abu Zur’ah berkata : Hammaad bin Zaid jauh lebih tsabt daripada Hammaad bin Salamah, lebih shahih haditsnya, dan lebih mutqin”. Muhammad bin Sa’iid berkata : “Hammaad bin Zaid tsiqah tsabt katsiirul-hadiits”. Adz-Dzahabiy berkata : “Al-imaam, salah seorang ulama mumpuni”. Ibnu Hajar berkata : “Tsiqah tsabt faqiih”. Meninggal tahun 179 H. [lihat selengkapnya : Tahdziibut-Tahdziib 3/9-11 no. 13, Al-Kaasyif 1/349 no. 1219, dan At-Tahriir 1/318 no. 1498]. Kesimpulannya, ia seorang yang tsiqah.
4. ‘Aashim; ia adalah Ibnu bin Abin-Nujuud. Yahyaa Al-Qaththaan melemahkan hapalannya. An-Nasaa’iy berkata : “Laisa bi-haafidh”. Di tempat lain ia berkata : “Tidak mengapa dengannya (laisa bihi ba’s)”. Ad-Daaruquthniy berkata : “Pada hapalan ‘Aashim ada sesuatu (fii hifdhi ‘Aashim syai’)”. Abu Haatim berkata : “Tempatnya kejujuran”. Ibnu Khiraasy berkata : “Dalam haditsnya ada pengingkaran (fii hadiitsihi nukrah)”. Ahmad dan Abu Zur’ah berkata : “Tsiqah”. Di lain tempat Ahmad berkata : “Tsiqah, aku memilih qira’atnya”. Ibnu Sa’d berkata : “Tsiqah, namun ia banyak salah dalam haditsnya”. Pemutlakan tsiqah oleh Abu Zur’ah di atas ditentang oleh Abu Haatim, karena Ibnu ‘Ulayyah memperbincangkannya hapalannya. Ibnu Ma’iin berkata : “Tsiqah”. Di lain riwayat ia berkata : “Laisa bil-qawiy fil-hadiits”. Ya’qub bin Sufyaan berkata : “Haditsnya goncang, namun ia seorang yang tsiqah”. Al-‘Uqailiy berkata : “Tidak ada padanya sesuatu kecuali jeleknya hapalan”. Ibnu Hibban dan Ibnu Syaahiin menyebutkannya dalam kitab Ats-Tsiqaat-nya. Adz-Dzahabiy berkata : “Hasanul-hadiits”. Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq lahu auhaam, hujjatun fii qiraa’ah”. Wafat tahun 127/128 H. [selengkapnya lihat : Miizaanul-I’tidaal, 2/356-357, Tahdziibul-Kamaal, 13/473-479 no. 3002, dan At-Tahriir 2/165 no. 3054]. Kesimpulannya ia seorang yang hasan haditsnya selama tidak ada penyelisihan.
5. Zirr; ia adalah Ibnu Hubaisy bin Habaasyah bin Aus bin Bilaal Al-Asadiy, perawi yang dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. Yahyaa bin Ma’iin berkata : “Tsiqah”. Ibnu Sa’d menyebutkannya dalam thabaqah pertama tabi’iy penduduk Kuffah, dan berkata : “Tsiqah, mempunyai banyak hadits”. Al-‘Ijliy berkata : “Ia termasuk dari kalangan shahabat ‘Aliy dan ‘Abdullah, seorang yang tsiqah”. Ibnu Hajar berkata : “Tsiqah jaliil”. Meninggal pada tahun 81/82/83 H. [selengkapnya lihat : Tahdziibut-Tahdziib 3/321-322 no. 597 dan At-Taqriib – bersama At-Tahriir 1/414 no. 2008]. Kesimpulannya, ia seorang yang tsiqah.
Sisi Pendalilan :
Perkataan ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu ini diucapkan di atas mimbar (sebagaimana riwayat pertama) agar kaum muslimin mendengarkannya sekaligus tunduk terhadap penjelasannya. Perkataan ‘Aliy ini tidak bisa dipahami sebagai uslub taqiyyah atau tawadldlu’ – sebagaimana berulang-ulang disebutkan orang-orang Syi’ah. Untuk apa ia harus ber-taqiyyah di hadapan pendukungnya di Kuffah, sementara itu ia telah memegang tampuk kekuasaan. Apa yang perlu ia takutkan untuk mengatakan yang sebenarnya seandainya saja ia memang punya kedudukan lebih utama daripada Abu Bakr dan ‘Umar ? ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu telah dikenal sebagai pemberani. Menganggap perkataan yang diucapkannya di atas mimbar itu sebagai satu taqiyyah merupakan bentuk penghinaan atas dirinya. Ahlus-Sunnah mempunyai keyakinan bahwa ‘Aliy radliyallaahu ‘anhu bukanlah seorang pengecut.
Jika dikatakan bahwa perkataan tersebut sebagai sikap ke-tawadlu’-an (dan kita tidak ragu akan ke-tawadlu’-annya sebagaimana ke-tawadlu’-an para shahabat besar lainnya), maka ini sangat tidak bisa diterima. Kalimat ألا أخبركم (Maukah aku beritahukan kepada kalian) merupakan jenis kalimat yang menuntut penjelasan yang hakiki. Uslub ini banyak digunakan oleh Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dalam banyak haditsnya, antara lain :
1. [أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِخَيْرِ دُورِ الْأَنْصَارِ] : “Maukah kalian aku beritahukan tentang rumah orang Anshar yang paling baik?".
2. [أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَهْلِ الْجَنَّةِ] : “Maukah kalian aku beritahukan mengenai penghuni surga?”.
3. [أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَكْبَرِ الْكَبَائِرِ] : “Maukah aku beritahukan kepada kalian tentang dosa-dosa besar?".
4. [أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِخَيْرِ الشُّهَدَاءِ] : “Maukah aku beritahukan kepada kalian mengenai saksi yang paling baik?”.
5. [أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَشَدَّ حَرًّا مِنْهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ] : “'Maukah kamu aku tunjukkan orang yang lebih panas daripada orang yang sakit panas ini pada hari kiamat kelak?”.
6. Dan yang lainnya masih sangat banyak.
Memaksakan diri untuk mengatakan bahwa kalimat tersebut merupakan jenis uslub tawadlu’ merupakan satu kejahilan akan uslub bahasa ‘Arab dalam hadits-hadits nabawiy.
Ketiga
Abu Dawud dalam Sunan-nya (no. 4629) berkata :
حدثنا محمد بن كثير ثنا سفيان ثنا جامع بن أبي راشد ثنا أبو يعلى عن محمد بن الحنفية قال : قلت لأبي أي الناس خير بعد رسول الله صلى الله عليه وسلم قال أبو بكر قال قلت ثم من قال ثم عمر قال ثم خشيت أن أقول ثم من فيقول عثمان فقلت ثم أنت يا أبة قال ما أنا إلا رجل من المسلمين
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Katsiir : Telah menceritakan kepada kami Sufyaan : Telah menceritakan kepada kami Jaami’ bin Abi Raasyid : Telah menceritakan kepada kami Abu Ya’laa, dari Muhammad bin Al-Hanafiyyah, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada ayahku (‘Aliy bin Abi Thaalib) : "Siapakah manusia yang paling baik setelah Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam?. Ia menjawab : "Abu Bakr". Aku kembali bertanya : "Kemudian siapa ?". Ia menjawab : "Umar". Muhammad bin Al-Hanafiyah berkata : "Lalu aku khawatir jika aku kembali bertanya 'kemudian siapa ?’, lalu ia menjawab 'Utsmaan". Aku lalu bertanya : "Apakah setelah itu engkau wahai ayahku ?". Ia menjawab : "Aku hanyalah seorang laki-laki dari kaum muslimin”.
Sanad riwayat ini shahih. Berikut keterangan ringkas para perawinya :
1. Muhammad bin Katsiir; ia adalah Al-‘Abdiy, Abu ‘Abdillah Al-Bashriy, perawi yang dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. Ia telah dilemahkan oleh Ibnu Ma’iin. Abu Haatim berkata : “Shaduuq”. Ibnu Hibbaan memasukkanya dalam Ats-Tsiqaat. Ibnu Hajar berkata : “Tsiqah, tidak menurunkan kedudukannya orang yang telah mendla’ifkannya”. Meninggal tahun 223 H. [lihat selengkapnya : Tahdziibul-Kamaal 26/334-336 no. 5571 dan At-Tahriir 3/311 no. 6252]. Kesimpulannya, ia seorang yang tsiqah.
2. Sufyaan; ia adalah Ats-Tsauriy, orang yang telah terkenal ketsiqahannya.
3. Jaami’ bin Abi Raasyid; ia adalah Al-Kaahiliy Ash-Shairafiy, perawi yang dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. Ahmad berkata : “Syaikh tsiqah”. An-Nasaa’iy berkata : “Tsiqah”. Adz-Dzahabiy berkata : “Tsiqah”. Ibnu Hajar berkata : “Tsiqah faadlil”. [selengkapnya lihat : Tahdziibul-Kamaal 4/485-486 no. 888, Al-Kaasyif 1/288 no. 745]. Kesimpulannya, ia seorang yang tsiqah.
4. Abu Ya’laa; ia adalah Al-Mundzir bin Ya’laa Ats-Tsauriy Abu Ya’laa Al-Kuufiy, seorang perawi yang dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. Ibnu Sa’d berkata : “Tsiqah, mempunyai sedikit hadits”. Ibnu Ma’iin berkata : “Tsiqah”. Begitu pula yang dikatakan oleh Al-‘Ijliy dan Ibnu Khiraasy. Ibnu Hibbaan memasukkannya dalam Ats-Tsiqaat. [selengkapnya lihat : Tahdziibul-Kamaal 28/515-517 no. 6187, Al-Kaasyif 2/296 no. 5635, dan At-Tahrir 3/418 no. 6894]. Kesimpulannya, ia seorang yang tsiqah.
5. Muhammad bin Al-Hanafiyyah; ia adalah Muhammad bin ‘Aliy bin Abi Thaalib Al-Qurasyiy Al-Haasyimiy, seorang perawi yang dipakai oleh Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya.
Sebagaimana alasan sebelumnya, orang-orang Syi’ah menganggap jawaban ‘Aliy bin Abi Thaalib saat ditanya anaknya ini pun dianggap sebagai jawaban taqiyyah atau minimal menggambarkan ke-tawadlu’-an. Sangat sulit rasanya menerima hujjah mereka. Apa yang ditakutkan ‘Aliy terhadap anaknya sendiri sehingga ia merasa harus melakukan taqiyyah ? Jika ia melakukannya hanya sebagai ungkapan tawadlu’ - ; apa maslahatnya ia melakukannya karena waktu itu Muhammad bin Al-Hanafiyyah benar-benar ingin bertanya tentang keutamaan para shahabat-shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Kita tentu berkeyakinan bahwa pertanyaan itu bukanlah pertanyaan ‘iseng’, namun pertanyaan yang dilontarkan karena keingintahuan yang hakiki akan permasalahan tersebut. Dapat kita lihat bahwa sebenarnya ia ingin jawaban bahwa ‘Aliy akan menyebut dirinya. Lalu, perhatikan riwayat berikut :
حدثنا أبو بكر ثنا عبدالله بن ادريس عن أبي مالك الأشجعي قال قلت لابن الحنفية أبو بكر كان أول القوم إسلاما قال لا قلت فيما علا وسبق حتى لا يذكر أحد غير أبي بكر قال كان أفضلهم إسلاما حتى لحق بالله عز وجل
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdullah bin Idriis, dari Abu Maalik Al-Asyja’iy, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Ibnul-Hanafiyyah : “Apakah Abu Bakr orang yang pertama kali masuk Islam ?”. Ia menjawab : Tidak”. Aku kembali bertanya : “Dalam hal apa ia punya ketinggian dan lebih dahulu (dari yang lainnya) sehingga tidak disebut seorang pun melainkan Abu Bakr ?”. Ia menjawab : “Ia adalah orang yang paling utama (afdlal) ke-Islamannya di antara mereka (para shahabat) hingga ia berjumpa (wafat) Allah ‘azza wa jalla” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi ‘Aashim no. 1220; shahih].
Abu Bakr; ia adalah ‘Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah, lebih dikenal dengan Abu Bakr bin Abi Syaibah, seorang yang masyhur ke-tsiqah-annya. ‘Abdullah bin Idriis; ia adalah Ibnu Yaziid bin ‘Abdirrahmaan bin Aswad Al-Audiy, seorang yang tsiqah faqih ‘aabid, dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [lihat At-Tahriir 2/191 no. 3207]. Abu Maalik Al-Asyja’iy; ia adalah Sa’d bin Thaariq, seorang yang tsiqah, dipakai Muslim dalam Shahih-nya [lihat At-Tahriir 2/17 no. 2240].
Dapat kita lihat bahwa Muhammad bin Al-Hanafiyyah mengakui dan menegaskan bahwa Abu Bakr adalah orang yang paling utama di antara para shahabat dengan keislamannya. Ia tidak menyebutkan ayahnya (‘Aliy bin Abi Thaalib) saat ditanya, padahal tidak ada halangan apapun untuk mengatakannya. Tidak ada maslahat untuk menutupinya jika saja ia beranggapan bahwa shahabat yang paling utama adalah ayahnya. Bahkan ia harus menjelaskan duduk permasalahannya. Apalagi jika hal ini dikaitkan dengan permasalahan keimamahan sebagaimana yang diklaim orang-orang Syi’ah. Menetapkan keutamaan ‘Aliy adalah satu kewajiban. Terlebih, posisinya sebagai anak kandung ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu. Ternyata hal itu tidak ia lakukan, karena ia lebih cinta akan kebenaran dibandingkan rasa fanatisme golongan dan sentimen madzhab.
Inilah pemahaman Muhammad bin Al-Hanafiyyah rahimahullaahu ta’ala.
Jika kita dihadapkan dua pilihan antara pemahaman orang yang bertanya (Muhammad bin Al-Hanafiyyah) di satu sisi, dan pemahaman orang Syi’ah (yang memerankan diri sebagai juru tafsir kontemporer perkataan ‘Aliy bin Abi Thaalib) di sisi lain; kira-kira kita akan memilih yang mana ? Orang yang cerdas tidak perlu untuk menjawabnya - karena jawabannya telah jelas (dikecualikan bagi mereka yang mengaku tidak cerdas).
Keempat
Al-Bukhaari berkata dalam Shahih-nya :
حَدَّثَنَا مُعَلَّى بْنُ أَسَدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ الْمُخْتَارِ قَالَ خَالِدٌ الْحَذَّاءُ حَدَّثَنَا عَنْ أَبِي عُثْمَانَ قَالَ حَدَّثَنِي عَمْرُو بْنُ الْعَاصِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَهُ عَلَى جَيْشِ ذَاتِ السُّلَاسِلِ فَأَتَيْتُهُ فَقُلْتُ أَيُّ النَّاسِ أَحَبُّ إِلَيْكَ قَالَ عَائِشَةُ فَقُلْتُ مِنْ الرِّجَالِ فَقَالَ أَبُوهَا قُلْتُ ثُمَّ مَنْ قَالَ ثُمَّ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ فَعَدَّ رِجَالًا
Telah menceritakan kepada kami Ma’laa bin Asad : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-‘Aziiz bin Al-Mukhtaar, ia berkata : Telah berkata Khaalid Al-Hadzdzaa’ dari Abu ‘Utsmaan, ia berkata : Telah menceritakan kepadaku ‘Amru bin Al-‘Aash radliyallaahu ‘anhu : Bahwasannya Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam mengutusnya beserta rombongan pasukan Dzatus-Sulaasil. Lalu aku ('Amru) bertanya kepada beliau : "Siapakah manusia yang paling engkau cintai?”. Beliau menjawab : "'Aisyah". Aku kembali bertanya : "Kalau dari kalangan laki-laki?". Beliau menjawab : "Bapaknya (yaitu Abu Bakr)". Aku kembali bertanya : "Kemudian siapa lagi?". Beliau menjawab : "'Umar bin Al-Khaththab". Selanjutnya beliau menyebutkan beberapa orang laki-laki".
Hadits ini merupakan penjelas siapa di antara shahabat yang paling beliau cintai. Tidak perlu aneka ragam ta’wil, karena jawaban beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengalir dari mulut beliau sendiri yang mulia. Demikian jelas. Dapat dipahami semua strata kaum muslimin yang berakal dan paham bahasa manusia.
Inilah penjelasan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Tidaklah mengherankan jika ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu mengatakan sebagaimana yang beliau katakan tentang Abu Bakr dan ‘Umar, karena ‘Aliy adalah orang yang sangat cinta kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
Kalaulah misal kita benarkan pendapat orang-orang Syi’ah – padahal kita tahu bahwa itu sangat salah – bahwa ‘Aliy radliyallaahu ‘anhu memuji Abu Bakr dan ‘Umar sebagai satu sikap ke-tawadlu’-an; lantas mengapa mereka tidak mencontoh ‘Aliy dalam ketawadlu’an tersebut ? Berulang-kali ‘Aliy memuji keutamaan Abu Bakr dan ‘Umar, namun kenyataannya yang ada, tidaklah orang Syi’ah menyebut Abu Bakr dan ‘Umar melainkan kobaran kebencian, perendahan, dan yang semisal dengan itu.
Oleh karena itu, mengambil alasan ini dan itu pun, orang-orang Syi’ah ternyata tidak meneladani ‘Aliy bin Abi Thaalib radliyallaahu ‘anhu. Lantas, siapa yang mereka teladani ? Entahlah,…. saya sendiri juga tidak kunjung paham……….
Semoga tulisan ini ada manfaatnya.
Wallaahu a’lam bish-shawwaab.
[abul-jauzaa’ – 1431 H].

[1] Muhaqqiq kitab Fadlaailush-Shahaabah [1/411 no. 484], yaitu Dr. Washiyullah ‘Abbaas hafidhahullah telah melakukan kekeliruan saat mendla’ifkan Abu Mi’syar. Beliau menyangkanya Najiih Al-Madaniy.
[2] Sebagaimana dikatakan oleh Dr. ‘Aliy Ridlaa hafidhahullah. Lihat : http://www.al-sunna.net/articles/file.php?id=2721.

No comments:

Post a Comment