Sunday, August 7, 2011

Konsisten dalam Inkonsisten


Konsisten dalam Inkonsisten


Abu Al-Jauzaa’ :, 17 Februari 2011

Al-Imaam Ahmad rahimahullah berkata :

حَدَّثَنَا أَبُو النَّضْرِ هَاشِمُ بْنُ الْقَاسِمِ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْحَمِيدِ يَعْنِي ابْنَ بَهْرَامَ، قَالَ: حَدَّثَنِي شَهْرُ بْنُ حَوْشَبٍ، قَالَ: سَمِعْتُ أُمَّ سَلَمَةَ زَوْجَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ جَاءَ نَعْيُ الْحُسَيْنِ بْنِ عَلِيٍّ، لَعَنَتْ أَهْلَ الْعِرَاقِ، فَقَالَتْ: قَتَلُوهُ، قَتَلَهُمْ اللَّهُ، غَرُّوهُ وَذَلُّوهُ، لعنهم اللَّهُ، فَإِنِّي رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَاءَتْهُ فَاطِمَةُ غَدِيَّةً بِبُرْمَةٍ، قَدْ صَنَعَتْ لَهُ فِيهَا عَصِيدَةً تَحْمِلُهُ فِي طَبَقٍ لَهَا، حَتَّى وَضَعَتْهَا بَيْنَ يَدَيْهِ، فَقَالَ لَهَا: ” أَيْنَ ابْنُ عَمِّكِ؟ ” قَالَتْ: هُوَ فِي الْبَيْتِ، قَالَ: ” فَاذْهَبِي، فَادْعِيهِ، وَائْتِنِي بِابْنَيْهِ “، قَالَتْ: فَجَاءَتْ تَقُودُ ابْنَيْهَا، كُلُّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا بِيَدٍ، وَعَلِيٌّ يَمْشِي فِي إِثْرِهِمَا، حَتَّى دَخَلُوا عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَجْلَسَهُمَا فِي حِجْرِهِ، وَجَلَسَ عَلِيٌّ عَنْ يَمِينِهِ، وَجَلَسَتْ فَاطِمَةُ عَنْ يَسَارِهِ، قَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ فَاجْتَبَذَ مِنْ تَحْتِي كِسَاءً خَيْبَرِيًّا، كَانَ بِسَاطًا لَنَا عَلَى الْمَنَامَةِ فِي الْمَدِينَةِ، فَلَفَّهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ جَمِيعًا، فَأَخَذَ بِشِمَالِهِ طَرَفَيْ الْكِسَاءِ، وَأَلْوَى بِيَدِهِ الْيُمْنَى إِلَى رَبِّهِ تَعَالى قَالَ: ” اللَّهُمَّ أَهْلِي، أَذْهِبْ عَنْهُمْ الرِّجْسَ، وَطَهِّرْهُمْ تَطْهِيرًا، اللَّهُمَّ أَهْلُ بَيْتِي، أَذْهِبْ عَنْهُمْ الرِّجْسَ، وَطَهِّرْهُمْ تَطْهِيرًا، اللَّهُمَّ أَهْلُ بَيْتِي أَذْهِبْ عَنْهُمْ الرِّجْسَ وَطَهِّرْهُمْ تَطْهِيرًا “، قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَلَسْتُ مِنْ أَهْلِكَ ؟ قَالَ: ” بَلَى، فَادْخُلِي فِي الْكِسَاءِ “، قَالَتْ: فَدَخَلْتُ فِي الْكِسَاءِ بَعْدَمَا قَضَى دُعَاءَهُ لِابْنِ عَمِّهِ عَلِيٍّ وَابْنَيْهِ وَابْنَتِهِ فَاطِمَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ

Telah menceritakan kepada kami Abun-Nadlr Haasyim bin Al-Qaasim : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdul-Hamiid – yaitu Ibnul-Bahraam – , ia berkata : Telah menceritakan kepadaku Syahr bin Hausyab, ia berkata : Aku mendengar Ummu Salamah istri Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam ketika datang berita kematian Al-Husain bin ‘Aliy, ia mengutuk penduduk ‘Iraaq. Ummu Salamah berkata : “Mereka telah membunuhnya semoga Allah membinasakan mereka. Mereka menipu dan menghinakannya, semoga Allah melaknat mereka. Karena sesungguhnya aku melihat Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam didatangi oleh Faathimah pada suatu pagi dengan membawa bubur yang ia bawa di sebuah talam. Lalu ia menghidangkannya di hadapan Nabi. Kemudian beliau berkata kepadanya : “Dimanakah anak pamanmu (Ali)?”. Faathimah menjawab : “Ia ada di rumah”. Nabi berkata : “Pergi dan panggillah ia dan bawa kedua putranya”. Maka Faathimah datang sambil menuntun kedua putranya dan ‘Aliy berjalan di belakang mereka. Lalu masuklah mereka ke ruang Rasulullah dan beliau pun mendudukkan keduanya Al-Hasan dan Al-Husain di pangkuan beliau. Sedagkan ‘Aliy duduk di samping kanan beliau dan Faathimah di samping kiri. Kemudian Nabi menarik dariku kain buatan desa Khaibar yang menjadi hamparan tempat tidur kami di kota Madinah, lalu menutupkan ke atas mereka semua. Tangan kiri beliau memegang kedua ujung kain tersebut sedang yang kanan menunjuk kearah atas sambil berkata : ‘Ya Allah mereka adalah keluargaku maka hilangkanlah dosa dari mereka dan bersihkanlah mereka sebersih-bersihnya. Ya Allah mereka adalah Ahlul-Baitku maka hilangkanlah dosa dari mereka dan bersihkanlah mereka sebersih-bersihnya. Ya Allah mereka adalah Ahlul Baitku maka hilangkanlah dosa dari mereka dan bersihkanlah mereka sebersih-bersihnya’. Aku berkata : “Wahai Rasulullah bukankah aku juga keluargamu?”. Beliau menjawab “Ya benar. Masuklah ke balik kain ini”. Maka akupun masuk ke balik kain itu setelah selesainya doa beliau untuk anak pamannya dan kedua putranya, serta Fatimah putri beliau radliyallaahu ‘anhum”.

Hadits ini diriwayatkan oleh ‘Abdullah bin Ahmad dalam tambahannya terhadap Al-Musnad 6/298. Diriwayatkan juga dalam Fadlaailush-Shahaabah 1170 & 1392, Ath-Thahawiy dalam Syarh Musykilil-Aatsaar 2/242-243 no. 770, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 3/114-115 no. 2818 & 23/338 no. 786 (dengan peringkasan); dari beberapa jalan, dari ‘Abdul-Hamiid bin Bahraam, dari Syahr bin Hausyab, dari Ummu Salamah.

Diriwayatkan juga oleh Ath-Thabaraniy 3/47-48 no. 2666 dari dua jalan dari ‘Abdul-Hamiid bin Bahraam, dari Syahr, dari Ummu Salamah; namun dengan jawaban dari beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Dan engkau di atas kebaikan”.

Syahr bin Hausyab. Ia dikatakan oleh Ibnu Hajar : “Shaduuq, namun banyak irsaal dan wahm” [At-Taqriib, hal. 441 no. 2846]. Adz-Dzahabiy memasukkan dalam Man Tukullima fii Huwawa Muwatstsaq au Shaalihul-Hadiits hal. 265 no. 162.

Hadits Syahr ini banyak dikritik ulama. Sebagian ada yang menghasankan, sebagian ada yang melemahkan. Hadits Syahr ini diterima jika ia mempunyai mutaba’ah untuk menguatkan akurasi riwayat yang disampaikannya.

Adapun ‘Abdul-Hamiid bin Bahraam, ia adalah Al-Fazaariy Al-Madaainiy. Ia telah ditsiqahkan oleh Abu Daawud, Ahmad bin Hanbal, Ibnu Ma’iin, Ibnul-Madiiniy, Ahmad bin Shaalih Al-Mishriy, dan Ibnu Syaahiin. Al-‘Ijliy An-Nasaa’iy, dan Ibnu ‘Adiy berkata : “Tidak mengapa dengannya”. As-Saajiy : “Shaduuq, namun sering ragu”. Sebagian muhadditsiin mengkritiknya karena banyaknya periwayatannya dari Syahr bin Hausyab, dan ia seorang yang dla’iif – sebagaimana dikatakan Syu’bah, Abu Haatim, dan Ibnu ‘Adiy. Ibnu Hajar menyimpulkan : “Shaduuq” [At-Taqriib, hal. 564 no. 5777]. Adz-Dzahabiy memasukkannya dalam Man Tukullima fii Huwawa Muwatstsaq au Shaalihul-Hadiits hal. 317 no. 202. Al-Arna’uth dan Basyar ‘Awwaad menghukuminya tsiqah [At-Tahriir, 2/ 296 no. 3753]; dan apa yang dikomentarinya itu tidak mendapatkan kritikan dari Maahir Al-Fahl dalam Kasyful-Auhaam. Al-Albaaniy mengatakan : “Shaduuq” [Adl-Dla’iifah, 4/238].

Syahr bin Hausyab mempunyai mutaba’ah dari :

1. ‘Athaa’ bin Yasaar :

أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ غَيْرَ مَرَّةٍ، وَأَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ مُحَمَّدُ بْنُ الْحُسَيْنِ السُّلَمِيُّ، مِنْ أَصْلِهِ، وَأَبُو بَكْرٍ أَحْمَدُ بْنُ الْحَسَنِ الْقَاضِي، قَالُوا: ثنا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، ثنا الْحَسَنُ بْنُ مُكْرَمٍ، ثنا عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ، ثنا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ دِينَارٍ، عَنْ شَرِيكِ بْنِ أَبِي نَمِرٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، قَالَتْ: فِي بَيْتِي أُنْزِلَتْف إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًاق، قَالَتْ: فَأَرْسَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى فَاطِمَةَ، وَعَلِيٍّ، وَالْحَسَنِ، وَالْحُسَيْنِ، فَقَالَ: ” هَؤُلاءِ أَهْلُ بَيْتِي ” وَفِي حَدِيثِ الْقَاضِي، وَالسُّلَمِيِّ: هَؤُلاءِ أَهْلِي قَالَتْ: فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَمَا أَنَا مِنْ أَهْلِ الْبَيْتِ؟ قَالَ: بَلَى إِنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى “، قَالَ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ: هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ سَنَدُهُ ثِقَاتٌ رُوَاتُهُ

Telah mengkhabarkan kepada kami Abu ‘Abdillah Al-Haafidh lebih dari sekali[1], Abu ‘Abdirrahmaan Muhammad bin Al-Husain As-Sulamiy dari ashl-nya, dan Abu Bakr Ahmad bin Al-Hasan Al-Qaadliy, mereka berkata : Telah menceritakan kepada kami Abul-‘Abbaas Muhammad bin Ya’quub : Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin Mukram : Telah menceritakan kepada kami ‘Utsmaan bin ‘Umar : Telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahmaan bin ‘Abdillah bin Diinaar, dari Syariik bin Abi Namir, dari ‘Athaa’ bin Yasaar, dari Ummu Salamah, ia berkata : “Di rumahku turun ayat : ‘Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya’ (QS. Al-Ahzaab : 33)”. Ia (Ummu Salamah) berkata : “Lalu Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengutus (seseorang) kepada Faathimah, ‘Aliy, Al-Hasan, dan Al-Husain. Beliau bersabda : ‘Mereka itu adalah ahlul-baitku”. (Al-Baihaqiy berkata : ) Dalam hadits Al-Qaadliy dan As-Sulamiy : “Mereka adalah keluargaku (ahlii)”. Ummu Salamah berkata : “Wahai Rasulullah, apakah aku termasuk ahlul-bait ?”. Beliau bersabda : “Ya benar, insya Allahu ta’ala”.

Abu ‘Abdillah berkata : “ Hadits ini shahih sanadnya, para perawinya tsiqaat” [Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy 2/149].

Diriwayatkan juga oleh Al-Baihaqiy dalam Al-I’tiqaad hal. 454, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 23/286 no. 627, Al-Baghawiy[2] dalam Syarhus-Sunnah 14/116-117 no. 3912, Abu Nu’aim dalam Akhbaar Ashbahaan 2/222, dan Ibnul-Atsiir dalam Asadul-Ghaabah 5/365 & 5/454; semuanya dari jalan ‘Utsmaan bin ‘Umar dan selanjutnya seperti hadits di atas.

‘Utsmaan bin ‘Umar, ia adalah bin Faaris bin Laqiith Al-‘Abdiy, seorang yang tsiqah, dipakai oleh Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya.

‘Abdurrahmaan bin ‘Abdillah bin Diinaar, seorang yang diperbincangkan. Ia telah ditautsiq oleh Al-Bukhaariy dan ‘Aliy bin Al-Madiiniy. Al-Baghawiy berkata : “Shaalihul-hadiits”. Adapun jumhur melemahkannya. Oleh karena itu Ibnu Hajar berkata : “Jujur, namun banyak keliru (shaduuq yukhthi’)” [At-Taqriib, hal. 585 no. 3938].

Syariik bin ‘Abdillah bin Abi Namir, perawi yang dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya. Beberapa kritikan dialamatkan kepadanya, namun tidak menjatuhkannya pada tingkatan dla’iif. Ibnu Hajar berkata : “Shaduuq, namun banyak keliru (yukhthi’)” [At-Taqriib, hal. 436 no. 2803]. Adz-Dzahabiy berkata : “Shaduuq” [Man Tukullimaa fiih, hal. 261-262 no. 159]. Al-Arna’uth dan Basyar ‘Awwad berkata : “Shaduuq, hasanul-hadiits” [At-Tahriir, 2/114 no. 2788].; dan penghukumannya ini tidak mendapatkan kritik Maahir Al-Fahl dalam Kasyful-Auhaam. Al-Albaaniy mempunyai perkataan yang berbeda dalam beberapa tempat tentang dirinya. Misal, di satu tempat beliau berkata : “Tsiqah, termasuk rijaal Al-Bukhariy dan Muslim, meskipun dalam hapalannya ada sesuatu [Ash-Shahiihah, 2/597]. Di tempat lain beliau berkata : “Sayyi’ul-hifdhi” [idem, 2/56]. Yang benar – wallaahu a’lam – ia seorang yang shaduuq lagi hasan haditsnya, namun ia mempunyai sedikit kekurangan dalam hapalannya sehingga keliru dalam menyampaikan beberapa hadits.

Adapun ‘Athaa’ bin Yasaar, ia seorang yang tsiqah.

‘Abdurrahmaan bin ‘Abdillah bin Diinaar mempunyai mutaba’ah dari Ismaa’iil bin Ja’far :

ثنا شَرِيكٌ، عَنْ عَطَاءٍ، أَنَّ هَذِهِ الآيَةَ، نَزَلَتْ فِي بَيْتِ أُمِّ سَلَمَةَ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًاق فَقَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ مِنْ جَانِبِ الْبَيْتِ: أَلَسْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ أَهْلِ الْبَيْتِ؟ قَالَ: ” بَلَى إِنْ شَاءَ اللَّهُ “، ثُمَّ أَخَذَ ثَوْبًا فَطَرَحَهُ عَلَى فَاطِمَةَ، وَحَسَنٍ، وَحُسَيْنٍ، ثُمَّ قَالَ: إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

Telah menceritakan kepada kami Syariik, dari ‘Athaa’ : Bahwasannya ayat ini turun di rumah Ummu Salamah : Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya’ (QS. Al-Ahzaab : 33). Ummu Salamah berkata dari samping rumah : “Apakah aku, wahai Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, termasuk Ahlul-Bait ?”. Beliau bersabda : “Ya benar, insya Allah”. Kemudian beliau mengambil pakaian lalu mengenakannya kepada Faathimah, Hasan, dan Husain. Lalu beliau membaca ayat : Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya’” [Diriwayatkan oleh Ismaa’iil bin Ja’far dalam Hadiits-nya no. 403].

Ismaa’iil bin Ja’far bin Abi Katsiir Al-Anshaariy, seorang yang tsiqah lagi tsabat.

2. ‘Abdullah bin Wahb.

حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ، قَالَ: ثنا خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ، قَالَ: ثنا مُوسَى بْنُ يَعْقُوبَ، قَالَ: ثني هَاشِمُ بْنُ هَاشِمِ بْنِ عُتْبَةَ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ وَهْبِ بْنِ زَمْعَةَ، قَالَ: أَخْبَرَتْنِي أُمُّ سَلَمَةَ: “أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَمَعَ عَلِيًّا وَالْحَسَنَيْنِ، ثُمَّ أَدْخَلَهُمْ تَحْتَ ثَوْبِهِ، ثُمَّ جَأَرَ إِلَى اللَّهِ، ثُمَّ قَالَ: ” هَؤُلاءِ أَهْلُ بَيْتِي “، قَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ: فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ أَدْخِلْنِي مَعَهُمْ، قَالَ: ” إِنَّكِ مِنْ أَهْلِي”

Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Khaalid bin Makhlad, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Muusaa bin Ya’quub, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Haasyim bin Haasyim bin ‘Utbah bin Abi Waqqaash, dari ‘Abdullah bin Wahb bin Zam’ah, ia berkata : Telah menkhabarkan kepadaku Ummu Salamah : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengumpulkan ‘Aliy, Al-Hasan, Al-Husain, lalu memasukkan mereka di bawah pakaian beliau, dan berdoa/memohon kepada Allah ta’ala : “Wahai Rabb-ku, mereka adalah keluargaku”. Ummu Salamah berkata : “Wahai Rasulullah, masukkan aku bersama mereka ?”. Beliau bersabda : “Engkau termasuk keluargaku” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam At-Tafsiir, 20/266].

Diriwayatkan juga oleh Ath-Thahawiy dalam Musykilul-Aatsaar no. 763.

Khaalid bin Makhlad dan Muusaa bin Ya’quub adalah dua orang perawi yang diperbincangkan dalam hapalannya.

Untuk Khaalid, yang raajih – wallaahu a’lam – , ia seorang yang shaduuq, namun memiliki afraad (hadits yang ia riwayatkan sendirian) bersamaan dengan sedikit kelemahan dalam hapalannya, sehingga beberapa muhadditsiin mengingkari (sebagian) riwayatnya [lihat : At-Taqriib hal. 291 no. 1687, Man Tukullima fiih hal. 186-188 no. 101 beserta komentar muhaqqiq-nya dan Al-Mu’jamush-Shaghiir li-Ruwaati Ibni Jariir Ath-Thabariy hal. 147 no. 1016].

Adapun Muusaa bin Ya’quub, meskipun seorang yang shaduuq, akan tetapi jelek hapalannya sebagaimana dikatakan Ibnu Hajar [At-Taqriib, hal. 987 no. 7075].

Khaalid bin Makhlad mempunyai mutaba’ah dari Muhammad bin Khaalid bin ‘Utsmaan.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عُقْبَةَ الشَّيْبَانِيُّ، ثنا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيُّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ خَالِدِ بْنِ عَثْمَةَ، ثنا مُوسَى بْنُ يَعْقُوبَ الزَّمْعِيُّ، عَنْ هَاشِمِ بْنِ هَاشِمِ بْنِ عُتْبَةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ وَهْبِ بْنِ زَمْعَةَ، قَالَ: أَخْبَرَتْنِي أُمُّ سَلَمَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَمَعَ فَاطِمَةَ وَالْحَسَنَ وَالْحُسَيْنَ، ثُمَّ أَدْخَلَهُمْ تَحْتَ ثَوْبِهِ، ثُمَّ قَالَ: ” اللَّهُمَّ هَؤُلاءِ أَهْلِي “، قَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَدْخِلْنِي مَعَهُمْ، قَالَ: ” إِنَّكِ مِنْ أَهْلِي “

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Muhammad bin ‘Uqbah Asy-Syaibaaniy : Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin ‘Aliy Al-Hulwaaniy : Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Khaalid bin ‘Utsmaan : Telah menceritakan kepada kami Muusaa bin Ya’quub Az-Zam’iy, dari Haasyim bin Haasyim bin ‘Utbah, dari ‘Abdullah bin Wahb bin Zam’ah, ia berkata : Telah mengkhabarkan kepadaku Ummu Salamah : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengumpulkan Faathimah, Al-Hasa, dan Al-Husain, kemudian memasukkan mereka ke pakaian beliau, dan bersabda : “Ya Allah, mereka adalah keluargaku”. Ummu Salamah berkata : Aku berkata : Wahai Rasulullah, masukkan aku bersama mereka”. Beliau bersabda : “Sesungguhnya engkau termasuk keluargaku (juga)” [Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir no. 969 - 19207].

3. Ummu Habiibah binti Kaisaan; sebagaimana diriwayatkan oleh Ath-Thabaraaniy dalam Al-Kabiir 23/357 no. 839; dengan lafadh pertanyaan dan jawaban :

قُلْتُ: وَأَنَا مَعَكُمْ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟، قَالَ: ” وَأَنْتِ مَعَنَا”

“Aku (Ummu Salamah) berkata : ‘Dan aku bersama kalian wahai Rasulullah ?”. Beliau menjawab : “Dan engkau bersama kami”.

Namun sanadnya lemah karena padanya ada Ummu Habiibah dan Al-Qaasim, majhuul.

Oleh karena itu, riwayat ini minimal hasan lighirihi atau bahkan mungkin shahih lighirihi. Seandainya mendapat kritikan, itu hanyalah seputar masuknya Ummu Salamah ke dalam kain/pakaian, karena dalam riwayat shahih lain disebutkan bahwa beliau bersabda : “Engkau tetap di tempatmu, dan engkau berada di atas kebaikan”. Ini pun sebenarnya bisa dikompromikan – jika kita memang berniat untuk itu – . Perintah beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam agar Ummu Salamah tidak masuk ke dalam kain karena di situ ada ‘Aliy bin Abi Thaalib, dan ia bukanlah mahram bagi Ummu Salamah. Baru kemudian setelah beliau selesai berdoa dan ‘Aliy keluar, barulah Ummu Salamah diperbolehkan masuk. Ini kemungkinan yang kuat dalam penjamakan riwayat.

Tidak ada lafadh riwayat shahih dan sharih bahwa beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengingkari Ummu Salamah termasuk Ahlul-Bait beliau.

Dari riwayat di atas dapat diketahui bahwa istri Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam termasuk Ahlul-Bait beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Ini sangat sesuai dengan QS. Al-Ahzaab : 33 itu sendiri :

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الأولَى وَأَقِمْنَ الصَّلاةَ وآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya”.

Ayat sebelum dan sesudahnya berbicara tentang istri beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam :

يَا نِسَاءَ النَّبِيِّ لَسْتُنَّ كَأَحَدٍ مِنَ النِّسَاءِ إِنِ اتَّقَيْتُنَّ فَلا تَخْضَعْنَ بِالْقَوْلِ فَيَطْمَعَ الَّذِي فِي قَلْبِهِ مَرَضٌ وَقُلْنَ قَوْلا مَعْرُوفًا

“Hai istri-istri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik” [QS. Al-Ahzaab : 32].

وَاذْكُرْنَ مَا يُتْلَى فِي بُيُوتِكُنَّ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ وَالْحِكْمَةِ إِنَّ اللَّهَ كَانَ لَطِيفًا خَبِيرًا

“Dan ingatlah apa yang dibacakan di rumahmu dari ayat-ayat Allah dan hikmah (sunah Nabimu). Sesungguhnya Allah adalah Maha Lembut lagi Maha Mengetahui” [QS. Al-Ahzaab : 34].

Sungguh aneh jika ayat ‘Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya’ mengeluarkan istri-istri Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam dari cakupan ayat tersebut.

Selain itu, kata ahlul-bait itu secara asal maknanya adalah orang-orang yang serumah dengan beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Dan tidak ada orang lain yang serumah dengan beliau kecuali istri-istri beliau. Adapun penyebutan ‘Aliy, Faathimah, Al-Hasan, dan Al-Husain merupakan tambahan dari makna asal dalam ayat.

Seandainya hadits Ummu Salamah yang disebutkan di awal bahasan adalah lemah atau bahkan tidak pernah ada, serta kita benarkan perkataan Syi’ah bahwa istri-istri Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bukan termasuk Ahlul-Bait dalam QS. Al-Ahzaab ayat 33 (karena beliau tidak menyebutkan di dalamnya); kita pun perlu bertanya kepada mereka hal yang sama :

“Dari mana mereka bisa memasukkan (sebagian) keturunan ‘Aliy bin Abi Thaalib sebagai Ahlul-Bait berdasarkan hadits kisaa’ ?. Bukankah yang dipanggil dan diselimuti Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam hanyalah ‘Aliy, Faathimah, Al-Hasan, dan Al-Husain ?”.

Seandainya pun kita terima perkataan mereka bahwa keturunan ‘Aliy masuk dalam cakupan hadits kisaa’, kita pun perlu bertanya kepada mereka :

“Dengan dalil apa mereka mengeluarkan sebagian besar (kalau tidak boleh dikatakan semua) keturunan Al-Hasan bin ‘Aliy dari cakupan Ahlul-Bait yang mendapat jaminan ‘pembersihan’ dosa ?. Dengan dalil apa pula mereka juga mengeluarkan sebagian keturunan Al-Husain dari cakupan Ahlul-Bait ?”.

Sampai sejauh ini, saya pribadi tidak mendapatkan jawaban memuaskan kecuali hanya retorika-retorika belaka.

Mungkin mereka akan menjawab bahwa keturunan ‘Aliy sebagai bagian dari Ahlul-Bait dijelaskan oleh hadits yang lainnya. Jika itu jawabannya, maka kami pun menjawab hal yang serupa. Bukankah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda dalam hadits ifk :

يامعشر المسلمين، من يعذرني من رجل قد بلغني أذاه في أهل بيتي، فوالله ما علمت على أهلي إلا خيرا

“Wahai kaum muslimin, siapakah yang akan membelaku dari seorang laki-laki yang telah menyakiti Ahlul-Baitku (= istriku). Demi Allah, aku tidak mengetahui sesuatupun dari keluargaku kecuali kebaikan” [Muttafaqun ‘alaih].

Juga pernah bersabda ketika memberikan salam kepada istri-istri beliau, sebagaimana dikatakan oleh Anas :

وشهدت وليمة زينب. فأشبع الناس خبزا ولحما. وكان يبعثني فأدعوا الناس. فلما فرغ قام وتبعته. فتخلف رجلان استأنس بهما الحديث. لم يخرجا. فجعل يمر على نسائه. فيسلم على كل واحدة منهن “سلام عليكم. كيف أنتم يا أهل البيت؟” فيقولون: بخير. يا رسول الله ! كيف وجدت أهلك ؟ فيقول “بخير”

“Aku menyaksikan waliimah (pernikahan) Zainab. Maka beliau membuat orang-orang merasa kenyang dengan roti dan daging yang disajikan. Beliaulah yang mengutusku untuk mengundang orang-orang. Ketika acara telah usai, beliau berdiri dan aku pun mengikuti beliau. Ternyata ada dua orang laki-laki yang ketinggalan. Mereka berdua tidak keluar karena masih berbincang-bincang. Kemudian beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam berjalan melewati rumah istri-istri beliau dan memberikan salam kepada setiap orang di antara mereka : “Salaamun ‘alaikum. Bagaimana kabarmu wahai Ahlul-Bait ?”. Mereka menjawab : “Baik-baik saja wahai Rasulullah. Bagaimana khabar keluargamu ?”. Beliau menjawab : “Baik-baik juga…” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 1428].

Dan hadits-hadits yang lain.

Mungkin motif penafikan ala Syi’ah ini sama dengan kasus hadits Ahlul-Bait dalam haji wada’. Dalam riwayat Muslim jelas disebutkan :

عن يزيد بن حيان. قال: قال زيد بن أرقم: قام رسول الله صلى الله عليه وسلم يوما فينا خطيبا. بماء يدعى خما. بين مكة والمدينة. فحمد الله وأثنى عليه. ووعظ وذكر. ثم قال “أما بعد. ألا أيها الناس! فإنما أنا بشر يوشك أن يأتي رسول ربي فأجيب. وأنا تارك فيكم ثقلين: أولهما كتاب الله فيه الهدى والنور فخذوا بكتاب الله. واستمسكوا به” فحث على كتاب الله ورغب فيه. ثم قال “وأهل بيتي. أذكركم الله في أهل بيتي. أذكركم الله في أهل بيتي. أذكركم الله في أهل بيتي”. فقال له حصين: ومن أهل بيته؟ يا زيد! أليس نساؤه من أهل بيته؟ قال: نساؤه من أهل بيته. ولكن أهل بيته من حرم الصدقة بعده. قال: وهم؟ قال: هم آل علي، وآل عقيل، وآل جعفر، وآل عباس. قال: كل هؤلاء حرم الصدقة؟ قال: نعم.

Dari Yaziid bin Hayyaan ia berkata : Telah berkata Zaid bin Arqam : “Pada satu hari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah berdiri dan berkhutbah di sebuah mata air yang disebut Khumm. Beliau memuji Allah, kemudian menyampaikan nasihat dan peringatan kepada kami : “Amma ba’du, ketahuilah wahai sekalian manusia, bahwasannya aku hanyalah seorang manusia sama seperti kalian. Sebentar lagi utusan Rabb-ku (yaitu malaikat maut) akan datang dan dia diperkenankan. Aku akan meninggalkan kepada kalian dua hal yang berat, yaitu : 1) Al-Qur’an yang berisi petunjuk dan cahaya, karena itu laksanakanlah isi Al-Qur’an itu dan berpegangteguhlah kepadanya – beliau mendorong dan menghimbau pengamalan Al-Qur’an – ; 2) Ahlul-Baitku (keluargaku). Aku ingatkan kalian kepada Allah tentang Ahlul-Bait-ku (beliau mengucapkan tiga kali)”. Hushain berkata kepada Zaid : “Wahai Zaid, siapakah ahlul-bait Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam ? Bukankah istri-istri beliau adalah ahlul-baitnya ?”. Zaid bin Arqam menjawab : “Istri-istri beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam memang ahlul-baitnya. Namun ahlul-bait beliau adalah orang-orang yang diharamkan menerima zakat sepeninggal beliau[3]”. Hushain berkata : “Siapakah mereka itu ?”. Zaid menjawab : “Mereka adalah keluarga ‘Ali, keluarga ‘Aqil, keluarga Ja’far, dan keluarga ‘Abbas”. Hushain berkata : “Apakah mereka semua itu diharamkan menerima zakat ?”. Zaid menjawab : “Ya” [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2357].

Mereka mengeluarkan istri-istri Nabi dari Ahlul-Bait pada hadits di atas, padahal dengan jelas si perawi yang menyaksikan dan mendengar perkataan Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam mengatakan istri-istri beliau termasuk Ahlul-Bait. Tentu saja mereka (Syi’ah) keberatan karena hadits di atas adalah hadits tentang perintah berpegang teguh kepada Ahlul-Bait. Mereka tidak mau berpegang pada istri-istri Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam karena terlanjur terdoktrin bahwa istri Nabi itu kafir. Mereka tidak akan mengakui istri Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam itu adalah istri beliau di dunia dan di akhirat.[4]

Jika kita hubungkan hadits Zaid bin Arqam dengan QS. Al-Ahzaab ayat 33 dan juga hadits kisaa’ sebagaimana disebutkan di awal artikal, maka semua ini tidak ada pertentangan. Ditambah lagi dengan hadits ‘Aaisyah dan Anas radliyallaahu ‘anhumaa di atas.

Sekali lagi, Syi’ah tidak akan rela jika istri Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam masuk dalam jajaran Ahlul-Bait beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Segala penisbatan kebaikan dan pujian kepada Ahlul-Bait, maka itu hanya untuk ‘Aliy dan (sebagian) keluarganya saja. Namun giliran ada hadits yang (dapat) ‘mendiskreditkan’ Ahlul-Bait, maka ditimpakan itu kepada orang lain; seperti hadits :

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى، أَخْبَرَنَا هِشَامٌ، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنْ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: ” لَمَّا حُضِرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ وَفِي الْبَيْتِ رِجَالٌ فِيهِمْ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ، قَالَ: هَلُمَّ أَكْتُبْ لَكُمْ كِتَابًا لَنْ تَضِلُّوا بَعْدَهُ، قَالَ عُمَرُ: إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ غَلَبَهُ الْوَجَعُ وَعِنْدَكُمُ الْقُرْآنُ، فَحَسْبُنَا كِتَابُ اللَّهِ وَاخْتَلَفَ أَهْلُ الْبَيْتِ وَاخْتَصَمُوا، فَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ: قَرِّبُوا يَكْتُبْ لَكُمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كِتَابًا لَنْ تَضِلُّوا بَعْدَهُ، وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ: مَا قَالَ عُمَرُ

Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Muusaa : Telah mengkhabarkan kepada kami Hisyaam, dari Ma’mar, dari Az-Zuhriy, dari ‘Ubaidullah bin ‘Abdillah, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata : Saat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjelang wafat, maka di rumah beliau terdapat beberapa orang laki-laki yang di antaranya adalah ‘Umar bin Al-Khaththaab. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Kesinilah, akan aku tuliskan kepada kalian satu tulisan yang (dengannya) kalian tidak akan tersesat selama-lamanya”. ‘Umar berkata : “Sesungguhnya Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam menderita sakit dan Al-Qur’an di tengah kalian. Maka, cukuplah bagi kami Kitabullah”. Ahlul-Bait pun berselisih dan bertengkar. Di antara mereka ada yang berkata : “Dekatkan pena kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam agar beliau menulis wasiat yang kalian tidak akan sesat selamanya”. Sebagian lagi mengatakan seperti ucapan Umar…..” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 7366].

Berbeda dengan hadits sebelumnya dimana Syi’ah berlomba-lomba mengklaim apa yang ingin mereka klaim atas penisbatan lafadh Ahlul-Bait; maka dalam hadits di atas, tidak ada satupun orang Syi’ah yang mengambil hak atas lafadh Ahlul-Bait sebagaimana sebelumnya. ‘Aliy dan (sebagian) keluarganya lagi-lagi ‘disucikan’ dan ditimpakanlah kesalahan itu kepada ‘Umar dan para shahabat yang lainnya radliyallaahu ‘anhum.[5]

Akhirnya kita tahu, bahwa yang konsisten dalam diri orang-orang Syi’ah dalam menggunakan hadits Ahlus-Sunnah dan ayat Al-Qur’an adalah ketidakkonsistenan. Atau dibahasakan dalam judul : Konsisten dalam Inkonsisten.

Semoga ada manfaatnya….

[abul-jauzaa’ – ngaglik, sleman, Yogyakarta].

[1] Faedah :

Dalam Al-Mustadrak Al-Haakim (3/146) tidak menambahkan lafadh : Ummu Salamah berkata : “Wahai Rasulullah, apakah aku termasuk ahlul-bait ?”. Beliau bersabda : “Ya benar, insya Allahu ta’ala” ; maka ini tidak memudlaratkan hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy. Perkataan Al-Baihaqiy bahwa ia menerima riwayat dari Al-Haakim lebih dari sekali memberikan satu faedah bahwa kadang Al-Haakim meriwayatkan dengan tambahan lafadh, kadang juga meringkasnya. Dan tambahan lafadh tersebut diikuti oleh Muhammad bin Al-Husain dan Ahmad bin Al-Hasan.

Selain itu Al-Baghawiy meriwayatkan dari jalan Al-Haakim dengan membawakan tambahan lafadh tersebut.

[2] Ia berkata : “Hadits ini shahih sanadnya”.

[3] Ada pemahaman aneh dari orang Syi’ah saat mengomentari hadits Muslim dalam redaksi yang lain :

فَقُلْنَا: مَنْ أَهْلُ بَيْتِهِ نِسَاؤُهُ؟ قَالَ: لَا وَايْمُ اللَّهِ إِنَّ الْمَرْأَةَ تَكُونُ مَعَ الرَّجُلِ الْعَصْرَ مِنَ الدَّهْرِ، ثُمَّ يُطَلِّقُهَا، فَتَرْجِعُ إِلَى أَبِيهَا وَقَوْمِهَا أَهْلُ بَيْتِهِ أَصْلُهُ، وَعَصَبَتُهُ الَّذِينَ حُرِمُوا الصَّدَقَةَ بَعْدَهُ

Kami bertanya : “Siapakah Ahlul-Bait beliau ? Apakah istri-istri beliau ?”. Zaid menjawab : “Tidak, demi Allah. Seorang wanita (istri) hidup dengan suaminya dalam masa tertentu jika suaminya menceraikannya dia akan kembali ke orang tua dan kaumnya. Ahlul-Bait Nabi adalah keturunan dan pengikut beliau yang diharamkan menerima zakat”.

Kata mereka, pengingkaran Zaid ini menunjukkan bahwa istri-istri Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bukan termasuk Ahlul-Bait.

Ini adalah pemahaman yang terlalu picik. Hadits Zaid di atas adalah satu dengan yang disebut sebelumnya. Maksud pengingkaran tersebut adalah bahwa Ahlul-Bait itu tidaklah terbatas pada istri-istri Nabi, namun ia adalah orang-orang yang diharamkan menerima zakat.

[4] Baca : http://abul-jauzaa.blogspot.com/2010/11/aisyah-adalah-istri-nabi-shallallaahu.html.

[5] Baca juga kasus semisal : http://abul-jauzaa.blogspot.com/2010/11/ahlul-bait-termasuk-yang-terusir-dari.html.

Artikel terkait di blog ini:

http://alfanarku.wordpress.com/2010/01/24/ahlul-bait-surat-al-ahzab-33/

No comments:

Post a Comment