Sunday, February 12, 2012

Dalil Hadits Mengamini Doa dan Kedudukannya

Dalil Hadits Mengamini Doa dan Kedudukannya

Dari Habib bin Maslamah Al Fihri, ia mengatakan, “aku telah mendengar Rasulullah shalallahu alaihi wasalam bersabda:”Tidak berkumpul sebuah kaum muslim, berdoa sebagian dari mereka dan mengamini sebagian yang lain, kecuali Allah Ta’ala menjawab doa mereka”

Hadits tersebut diriwayatkan oleh Al Hakim dalam Al Mustadrak (3/347), ia mengatakan, shahih sesuai dengan syarat Muslim. Penshahihan hadits oleh Al Hakim dinukil oleh Imam Laknawi dalam Sibahah Al Fikr (65). Juga Imam As Syaukani dalam Tuhfah Ad Dzakirin (39) mengatakan dari Hakim: “Shahih isnad”.

Diriwayatkan juga oleh Ad Dailami, dalam Musnad Al Firdaus dan At Thabrani dalam Al Mu’jam Al Kabir (4/26, no:3536). Hafidz Al Haishami mengatakan dalam Majma’ Az Zawaid (1/170):”Rijalnya adalah rijal shahih, kecuali Ibnu Luhai’ah, dia hasan hadits”.

Syeikh Abu Ghuddah dalam komentarnya di Tsalasah Rasai’l fi Istihbab Ad Du’a (107) mengatakan:”Dan perawi hadits yang meriwayatkan dari Ibnu Luhai’ah dalam hadits ini adalah Abdullah bin Yazid Abu Abdurrahman Al Muqri, dimana ia adalah seorang ubadalah yang periwayatannya dari Ibnu Luhai’ah terhitung paling kuat dan adil”.

1 comment:

  1. biar mantab ini teks hadis lengkapnya
    حَدَّثَنَا بِشْرُ بن مُوسَى ، حَدَّثَنَا أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمُقْرِئُ ، حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ ، حَدَّثَنِي ابْنُ هُبَيْرَةَ ، عَنْ حَبِيبِ بن مَسْلَمَةَ الْفِهْرِيُّ وَكَانَ مُسْتَجَابًا أَنَّهُ أُمِّرَ عَلَى جَيْشٍ فَدَرَّبَ الدُّرُوبَ ، فَلَمَّا لَقِيَ الْعَدُوَّ ، قَالَ لِلنَّاسِ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، يَقُولُ : " لا يَجْتَمِعُ مَلأٌ فَيَدْعُو بَعْضُهُمْ وَيُؤَمِّنُ سَائِرُهُمْ إِلا أَجَابَهُمُ اللَّهُ " ، ثُمَّ إِنَّهُ حَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ ، فَقَالَ : اللَّهُمَّ احْقِنْ دِمَاءَنَا وَاجْعَلْ أُجُورَنَا أُجُورَ الشُّهَدَاءِ ، فَبَيْنَا هُمْ عَلَى ذَلِكَ إِذْ نَزَلَ الْهِنْبَاطُ أَمِيرُ الْعَدُوِّ ، فَدَخَلَ عَلَى حَبِيبٍ سُرَادِقَهُ ، قَالَ أَبُو الْقَاسِمِ : الْهِنْبَاطُ بِالرُّومِيَّةِ صَاحِبُ الْجَيْشِ.
    حَبِيبُ بن سِبَاعٍ أَبُو جُمُعَةَ الأَنْصَارِيُّ ، وَيُقَالُ : جُنَيْدُ بن سَبْعٍ

    ReplyDelete